Thursday, June 20, 2013

1st trial kue nastar ;)

Selama ini penasaran mau buat kue nastar special bikinan ndiri.Mamaku yang memang juaranya masak dan bikin kue,ga pernah punya takaran yang pasti buat setiap resepnya :(. Iseng-iseng browsing resep nastar special ketemu deh resep ini dari blognya  http://dapurnya-mbak-endang.blogspot.com/2009/09/nastar-special-yenni-ncc.html

1. Bahan kulit:
150 gr mentega (aku pake mentega 250 gr) aku pake wisman campur orchid butter
100 gr margarin
90 gr gula halus
3 bt kuning telur
 50 gr susu bubuk
350 gr tepung terigu (kurang lebih)
1/2 sdt vanili bubuk aku ga pake :)

2. Olesan (aduk) : 2 bt kuning telur
1/2 sdt madu
1 sdt air
1 sdt minyak goreng (aku Cuma pake kuning telur doang…..jd kurang bersinar kuningnya) aku ga pake minyak goreng

Selai Nanas : 1 buah nanas palembang, kupas, parut
200 gr gula pasir
2 cm kayu manis aku ga pake
2 btr cengkeh aku ga pake


Cara membuat :
Selai : Masak nanas sampai airnya tinggal sedikit, masukkan gula pasir, kayumanis dan cengkih, masak lagi sampai jadi selai/liat dan bisa dibentuk. Setelah dingin bentuk bulat bulat, simpan di lemari es.

Kulit :
1. Kocok mentega, margarin, vanili, gula halus sebentar aja asal lembek.
2. Masukkan kuning telur satu persatu, aduk rata.
3. Masukkan campuran tepung terigu dan susu bubuk, aduk pakai sendok kayu.
4. Istirahatkan adonan didalam lemari es selama kurang lebih 1 jam.
5. Keluarkan adonan,biarkan sedikit lembut, ambil sejumput adonan, isi dengan selai yang sudah dingin, bulatkan. (aku pake cetakan keranjang)
6. Tata diatas loyang yang sudah dioles margarin tipis tipis, atur jangan terlalu berdekatan.
7. Oven dengan suhu 150oC selama kurang lebih 20 menit (3/4 matang).
8. Keluarkan dari oven, oles dengan bahan pengoles sampai rata. (aku langsung ngoles pake mentega dan ditaburi keju, gak nunggu sampe 20 menit)
9. Bakar lagi kurang lebih 15 menit sampai kuning kecoklatan.


 bahan kulit nastar selesai di aduk

Battery camera tiba2 habis, jadi ga sempet poto nanas yang sudah di olah.  Ternyata yang paling bikin capek mulung kue nastarnya. Sempet di pesenin sama mama, nanas olahan di buletin satu-satu biar ukurannya nanti sama besar dan rapi (kalau kata mama biar ga ambak2an ).

adonan siap di panggang
 
Adonan ada yang saya kasih tambahan keju di dalamnya, kebetulan saya pencinta keju. tapi suami dan anak suka yg original. Biar ga salah makan,saya kasih toping keju dulu di atasnya, harusnya seh nanti kali ya biar ga kering kejunya.

Ini dia hasil yang di tunggu :)
Utk resep olesan sudah saya ikutin smua kecuali minyak goreng tp hasilnya kurang kelihatan :( . But overall usaha pertama manggang kue nastar lumayan berhasil. Cuman dapet sedikit request next time bikin nastarnya lebih basah (berminyak mgkn maksudnya). Oke next time saya coba lagi resep dari blogger laen yang lebih lembut dan berminyak...:)

Buat yang nanti mau merayakan lebaran,silakan mencoba! psssttttt, biar tambah di sayang suami dan keluarga...hehehehehe



No comments:

Post a Comment